Latar Belakang Perang Dunia 1 (1914-1918)


Awal abad ke-20 dunia dikejutkan dengan terjadinya perang yang melibatkan banyak Negara. Perang yang dimulai tahun 1914 dan berakhir pada tahun 1918 dikenal dengan Perang Dunia I. ada beberapa faktor umum terjadinya Perang Dunia I adalah Sebagai Berikut.

1.Timbulnya persekutuan militer
Adanya ketakutan dari beberapa Negara akan ancaman dari negara lainnya yang merupakan saingannya maka timbullah usaha mencari kawan. Usaha mencari kawan ini menyebabkan timbulnya persekutuan-persekutuan militer yang bertujuan sama menghadapi ancaman atau serangan bangsa lain.
Semula Jerman bersekutu dengan Austria untuk menghadapi Rusia (1878). Lalu, Italia masuk kedalamnya agar kedudukannya terhadap Perancis menjadi kuat. Dengan demikian, terbentuklah Triple Alliance. Ketiga negara anggota persekutuan itu sering disebut negara sentral sebab letak negarnya di tengah Eropa.
Sementara itu, Inggris dan Perancis mulai bersukutu. Meskipun sebelumnya kedua negar tersebut bermusuhan. Ketika menghadapi Jerman, kedua negara tersebut ditambah dengan Rusia membentuk persekutuan yang sering disebut dengan Triple Entente (1907). Ketiga negara anggota persekutuan itu disebut negara Sekutu (Allied Power).

2.Timbulnya perlombaan senjata

Adanya kecurigaan dan ketakutan akan ancaman dari lawan maka negara-negara Barat memperkuat diri dengan pertahanan dan persenjataan. Kaum industrialis menciptakan senjata-senjata modern dan dijual kepada negara yang bermusuhan. Curiga-mencurigai akibat perlombaan dalam persenjataan menyebabkan keadaan tegang dan panas.

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Aplikasi Internet

Cara Membuat Autolike Beranda Facebook

Usaha Negara Berkembang untuk Menjadi Negara Maju